Real Time 

Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Halaman Utama | Tugas Akhir | Biodata | Portal | Berita dan Peristiwa
Info Sehat

Tips Menghilangkan Lemak Pada Perut Anda

Anda mempunyai timbunan lemak di bagian bawah perut dan perut Anda seperti berujung di pusar, namun di bawahnya terdapat gulungan. Anda tentu berusaha keras menghilangkannya. Simak tips-tips berikut:
Keadaan yang Anda alami ini, juga turut berdampak pada pakaian Anda dan akhirnya Anda frustasi. Berbagai latihan Anda lakukan, misalnya latihan kardiovascular selama 30 menit dan 10 menit latihan mendayung. Paling tidak tiga kali seminggu dan setiap kali ada kesempatan, Anda juga melakukan latihan beban.
Anda juga disarankan melakukan latihan reverse crunch yang dapat membantu (berbaring pada punggung, kaki di udara, lalu turunkan kaki tetapi jangan sampai menyentuh tanah), atau mesin yang mirip kursi yang panjang itu (tanpa tempat duduk) (dimana Anda dapat meletakkan lengan pada tumpuan dan mengangkat dan menurunkan kaki).

Beberapa pakar menyarankan Anda untuk melatihnya setiap hari, sementara pakar yang lain mungkin menyuruh Anda untuk melakukannya dua kali seminggu. Mereka juga menyarankan agar Anda hanya melakukan latihan crunch, sementara yang lain barangkali menurut mereka hanya membuang waktu.

Yang pasti Anda tidak dapat melakukan adalah spot reducement terhadap bagian bawah perut Anda - maksudnya, secara ajaib menghilangkan lemak pada bagian tertentu tubuh dengan melatihnya. Tubuh tidak dapat menerima ini. Anda harus mengurangi lemak di seluruh tubuh guna mengurangi lemak di bagian perut, dan setelah itupun saya tidak berani menjamin bahwa Anda akan puas. Tetapi, jangan putus asa dulu. Anda dapat memperindah daerah itu dengan mengembangkan otot-ototnya. Jadi mari kita membicarakan itu saja dulu.

Bahasan pertama, adalah anatomi :
Tubuh Anda memiliki empat otot perut utama. Otot yang berpangkal di batang tubuh dan berjalan dari sternum ke panggul Anda disebut dengan rectur abdominis. Karena otot ini berbentuk lembaran yang lebar dan tipis, beberapa ilmuwan berpendapat bahwa tidak berguna untuk melatih bagian atas otot ini dengan latihan tertentu dan melatih bagian bawahnya dengan latihan yang lain lagi. Tetapi saya berpendapat bahwa latihan crunch reguler cenderung berdampak terhadap serat rectus bagian atas dan reverse crunch condong berdampak terhadap serat bagian bawah, jadi ada manfaatnya juga jika Anda melakukan kedua latihan tersebut.

Bahasan kedua, latihan pada " kursi tinggi " itu, saya tidak menyarankan Anda untuk menjalankannya, adalah latihan, karena cenderung memberi tekanan kepada kelompok otot pinggul bagian depan yang secara kolektif dikenal sebagai fleksor pinggul. Kelompok otot ini agak terlalu kuat bagi mereka yang baru mulai, dan jika sampai otot ini menjadi teralu kuat mereka dapat mengalahkan otot perut dan otot bagian bawah punggung, dan Anda dapat mengalami masalah punggung yang kronis. Lebih baik Anda tetap "melantai", misalnya dengan melakukan latihan crunch.

Di bawah ini juga dibahas latihan crunch "rectus bagian atas" dasar dan crunch reverse "rectus bagian bawah". Dan karena sedang berbaik hati, saya akan memberikan beberapa latihan bonus: latihan twist crunch untuk otot oblik internal dan eksternal (kedua kelompok otot yang saling menjalin sepanjang sisi pinggang) dan latihan guna memperkuat bagian bawah punggung (untuk otot erector spinae.) Anda juga disarankan agar melakukan paling tidak satu dari tiap jenis latihan agar latihannya dapat memberikan dampak secara 3D.

Bagi pemula :
Lakukan satu set untuk setiap latihan, 8-15 ulangan per set. Secara bertahap, gandakan jumlah ini. Ingatlah untuk menghembuskan napas saat mengeluarkan tenaga, karena hembusan napas yang kuat memberikan dampak terhadap kelompok otot perut terbesar keempat, yaitu transversus abdominis.

Panduan Jenis Latihan Di Bawah Ini Perlu Anda Simak

Crunch Dasar

Berbaringlah di atas punggung dengan lutut tertekuk dan posisi kaki di atas lantai, berjarak selebar pinggul. Letakkan tangan Anda di belakang kepala sedemikian rupa sehingga posisi ibujari berada di belakang kuping. Jangan lipatkan jari kedua tangan Anda. Posisi sikut tertekuk ke luar, tetapi agak diputar ke dalam. Angkatlah dagu Anda sedikit sehingga tersisa ruang selebar beberapa inchi antara dagu dan dada Anda.

Dengan perlahan-lahan doronglah perut Anda ke dalam, angkat badan ke atas dan depan sehingga kepala, leher, dan tulang belikat terangkat dari lantai. Pertahankan posisi Anda di atas untuk sementara waktu, dan turunkan badan Anda kembali secara perlahan-lahan.

Reverse Crunch

Berbaringlah di atas punggung dengan kaki terangkat dari atas lantai, lutu tertekuk dengan posisi tepat di atas pinggul; silangkan pergelangan kaki dan turunkan tumit Anda ke arah bokong. Letakkan lengan di atas lantai di samping tubuh Anda. Letakkan kepala di atas lantai, renggangkan bahu, dan tarik perut ke dalam.

Angkatlah bokong Anda satu atau dua inchi dari atas lantai sehingga kaki Anda langsung terangkat.Tahanlah posisi ini untuk sesaat, lalu turunkan secara perlahan-lahan.
Crunch Twist

Berbaringlah di atas punggung dengan lutut tertekuk dan kaki pada lantai dimana jarak antar kaki adalah selebar pinggul. Letakkan tangan Anda di belakang kepala sedemikian rupa sehingga posisi ibujari berada di belakang kuping. Jangan lipatkan jari kedua tangan Anda. Posisi sikut tertekuk ke luar, tetapi agak diputar ke dalam. Angkatlah dagu Anda sedikit sehingga tersisa ruang selebar beberapa inchi antara dagu dan dada Anda.

Sewaktu Anda mengangkat kepala, leher dan tulang belikat dari lantai, putarlah batang tubuh Anda ke kanan, sehingga bahu kiri bergerak menuju lutut kanan. Bahu Anda tidak perlu menyentuh lutut. Turunkan posisi tubuh. Pada ulangan berikutnya, putarlah batang tubuh Anda ke kiri, sehingga bahu kanan bergerak menuju lutut kiri. Lanjutkan secara silih-berganti.
Pelvic Twist

Berbaringlah di atas punggung dengan lutut tertekuk dan kaki pada lantai dengan jarak selebar pinggul. Letakkan tangan di manapun yang menurut Anda terasa nyaman. Dengan perlahan-lahan, tekanlah punggung Anda ke bawah dan tarik perut ke arah tulang belakang. Jangan mengangkat kepala Anda.

Dengan posisi seluruh punggung tetap di atas lantai, tekan bokong secara perlahan-lahan, dan miringkan pinggul Anda ke atas hingga ujung belakang Anda terangkat satu atau dua inchi dari lantai. Pertahankan posisi ini untuk sesaat lalu turunkan kembali pinggul Anda secara perlahan-lahan.
(bs/ef)




Pilihan Berita Lainnya

Pilihan Berita :




Isi Dong !!!

Tulis Buku Tamu whatsnew.gif (278 bytes)
Lihat Buku Tamu


Isi Siteku

1. Tugas Akhir
2. Rincian Pengalaman
3. Persahabatan (Cinta)
4. Profil Usaha
5. Masa Kecil
6. Organisasi
7. Hobby & OlahRaga


whatsnew.gif (278 bytes) Cari dlm Site
Cari luar Web
 


Foto dan Peristiwa


Kasus Halmahera Utara


Tekno & Info Lain


Akses Internet Murah
Protokol Aplikasi Wereless
Rancangan Pesawat Boeing


Hikmah


Nilai Sebuah Do'a
Kesalahan yang dimaafkan


Kata Mutiara


Kata Mutiara 1
Kata Mutiara 2


Serba-Serbi

Anda Ingin Tahu tentang permasalahan Seks atau info intim yang lain, cari tahu silahkan lanjut .......



Halaman Utama

Mohon Saran dan Masukan Pembaca Semuanya dengan Mengisi Buku Tamu, Trim's


Halaman ini terakhir diperbarui pada 06/06/00

Design Webmaster TPI-D6 June 1999-2000

Kontak Aku